info, poster dan trailer film terkini

Sunday 14 April 2013

Batman: Trilogi Sang Ksatria Malam Yang Nyaris Sempurna

MUVIpedia. Batman Begins, The Dark Knight dan The Dark Knight Rises merupakan trilogi film Batman besutan Christopher Nolan yang dengan sangat brilian mampu menggambarkan kegelapan kisah dari sosok Sang Ksatria Malam ini.

MUVIpedia, kali ini akan mencoba menyajikan sinopsis dan review singkat dari Trilogi Batman ini.

Batman Begins merupakan sebuah film Superhero berdasarkan karakter fiksi DC Comics yaitu Batman, yang dirilis pada tahun 2005. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan dengan pemeran Christian Bale, Michael Caine, Liam Neeson, Katie Holmes, Gary Oldman, Morgan Freeman dan masih banyak lagi. Film ini dirilis pada 15 Juni 2005.

Sepeninggal kedua orang tuanya dengan cara yang tragis, Bruce Wayne tumbuh dalam ketakutan dan luka yang sangat mendalam. Oleh bantuan Alfred dan keinginan untuk mencari jati diri, Bruce muda pergi selama beberapa tahun untuk menempa ilmu di daerah terpencil. Di sana dia bertemu dengan seorang mentor yang mengajaknya bergabung dan berlatih dengan The League of Shadow. Di kelompok itu, Bruce Wayne mendapatkan semua kemampuan yang diperlukan untuk menjadi petarung hebat. Namun karena visi kelompok itu yang tidak baik, Bruce pergi meninggalkan dan kembali ke kota Gotham untuk menjadi Batman. Inilah asal mula Batman tampil sebagai pahlawan kota Gotham.

Christopher Nolan membuka kisah Batman ini dengan nuansa yang lebih kelam. Batman Begins merupakan sebuah revolusi yang akhirnya menjadi trendsetter di mana film superhero digarap dengan nuansa drama psikologis yang nyata dan lebih serius. Film superhero, kini bukan milik anak-anak lagi tapi Christopher Nolan telah membawanya menjadi film milik penonton yang lebih dewasa. Batman Begins berhasil membuka jalan untuk membuat film-film superhero lainnya, termasuk sekuel-nya The Dark Knight.

Batman Begins (2008)
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Christian Bale, Morgan Freeman, Michael Caine, Gary Oldman, Liam Neeson, Katie Holmes, Ken Watanabe, Cillian Murphy.
Studio: Warner Bros. Pictures, DC Entertainment
Budjet: $150 juta
Pendapatan: $372,710,015

The Dark Knight merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2008. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini pemainnya antara lain ialah Christian Bale, Michael Caine, Heath Ledger, Aaron Eckhart, dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 18 Juli 2008.

Di saat kota Gotham mulai ‘bersih’ dari kejahatan, tiba-tiba saja muncul serangkaian perampokan dan pembunuhan yang didalangi seorang penjahat yang berwajah aneh, Joker (Heath Ledger). Bruce yang semula berharap bisa beristirahat dari ‘perannya’ sebagai Batman (Christian Bale) terpaksa harus turun tangan melacak pelaku kejahatan ini.

Dalam melakukan perampokan, Joker terkenal tak ragu-ragu untuk menghabisi nyawa korban bahkan anak buahnya sendiri hanya untuk membuktikan bahwa ia tak main-main. Setelah mengacaukan kota Gotham, Joker memberikan tawaran menggiurkan pada sindikat kejahatan kota Gotham yang mulai ketakutan pada Batman. Dengan imbalan setengah dari asset mereka, Joker akan menghabisi Batman. Joker kemudian memberikan tuntutan agar kota Gotham menyerahkan Batman atau Joker akan membunuh lebih banyak orang lagi sampai Batman menyerahkan diri.

Dengan bantuan Letnan James Gordon (Gary Oldman), jaksa Harvey Dent (Aaron Eckhart), dan Rachel Dawes (Maggie Gyllenhaal), Batman kemudian berusaha melacak Joker ini. Di saat yang sama warga kota Gotham mulai merasa bahwa keselamatan mereka terancam sampai mereka menyerahkan Batman pada Joker.

The Dark Knight menjadi legenda film dengan penampilan jenius Heath Ledger sebagai The Joker. Bahkan, The Joker mampu mencuri seluruh perhatian penonton dibanding karakter utama Batman dan Bruce Wayne. Film ini milik The Joker dan penampilannya akan selalu diingat sebagai salah satu penampilan terbaik di sejarah perfilman. Cerita film ini sendiri sangat berkembang dan meninggalkan pesan yang dalam dan tak populer untuk film superhero. The Dark Knight melanjutkan film pertamanya dengan tanpa cacat dan menuai kesuksesan yang layak didapatkannya, baik dari para kritikus film maupun secara pendapatan box office.

The Dark Knight (2008)
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Christian Bale, Morgan Freeman, Michael Caine, Gary Oldman, Heath Ledger, Maggie Gyllenhaal, Aron Eckhart, Cillian Murphy
Studio: Warner Bros. Pictures, DC Entertainment
Budjet: $185 juta
Pendapatan: $1,001,921,825

The Dark Knight Rises adalah sebuah film superhero yang disutradarai oleh Christopher Nolan, yang juga ikut menulis skenario bersama Jonathan Nolan dan cerita dengan David S. Goyer. Berdasarkan karakter DC Comics Batman, film ini merupakan yang ketiga dan terakhir dalam Trilogi film Nolan Batman, dan merupakan lanjutan dari Batman Begins (2005) and The Dark Knight (2008). Christian Bale, Michael Caine, Gary Oldman, Morgan Freeman, dan Cillian Murphy kembali memerankan tokoh yang mereka bawakan dalam Batman Begins and The Dark Knight. Film ini memperkenalkan tokoh baru Selina Kyle, diperankan oleh Anne Hathaway, seorang pencuri yang kemunculannya di Gotham City berangkaian dengan rantai peristiwa yang akhirnya membawa Batman turun gunung dan bertemu dengan Bane, diperankan oleh Tom Hardy, seorang teroris yang berencana menghancurkan kota Gotham.

Bruce Wayne (Christian Bale) terlihat agak renta dan letih. Tongkat yang menyangga tubuhnya, karena salah satu kaki yang tak berfungsi normal, membuatnya malas merapikan jenggot dan rambutnya. Semuanya dibiarkan panjang dan tak terurus, sehingga penampilannya sangat kucel. Di rumah besarnya, ia dengan setia ditemani oleh Alfred (Michael Caine). Ia pun tak berdaya saat seorang wanita cantik bernama Selina Kyle atau Catwoman (Anne Hathaway) datang mencuri kalung mutiara peninggalan ibunya. Dia juga mencuri sidik jari Wayne untuk dijual ke seorang miliuner bernama John Dagget (Ben Mandelson).

Wayne sama sekali tidak tahu bahwa ancaman besar kini sedang mengancam kota Gotham. Penyebabnya tidak lain karena Bane (Tom Hardy) ingin mengambil alih kepemimpinan kota dengan hukum ala dirinya sendiri. Debut Bane dan pasukannya diawali dengan penyerbuan ke pasar saham. Bane juga menebar ancaman akan meledakkan kota Gotham dengan ledakan nuklir. Bane yang berbadan besar adalah seorang anak yang lahir di dunia gelap dan keluar ke dunia terang dengan penuh amarah. Di sisi lain, John Blake (Joseph Gordon-Levitt) dan beberapa pasukan polisi mulai dibuat sibuk oleh ulah Bane. Untunglah pada waktu itu Batman datang membantu setelah mendapatkan sebuah kaki palsu dari Lucius Fox (Morgan Freeman).

Batman yang akhirnya berjuang bersama Catwoman berupaya mencari sarang Bane. Karena tak ingin Catwoman celaka, ia mengurung wanita itu di sebuah terali. Selanjutnya, Catwoman menyaksikan dengan duka saat Batman menjadi bulan-bulanan Bane. Selanjutnya, Catwoman melarikan diri atas permintaan Batman karena merasa tak mungkin memberikan pertolongan. Batman sendiri kemudian dijebloskan ke dunia gelap tempat dimana Bane dulunya berasal. Kekacauan yang terjadi membuat polisi melakukan pemeriksaan ketat terhadap orang-orang Bane yang mulai menangkapi, mengadili, dan mengasingkan orang-orang kaya. Catwoman akhirnya tertangkap dan dijebloskan ke penjara karena tertangkap kamera sedang memukuli petugas.

Sementara itu, Bane yang sukses mengacaukan pasar saham menjadi besar kepala dan melanjutkan dengan menyerang sebuah stadion ketika sedang berlangsungnya sebuah pertandingan rugbi. Lapangan runtuh karena bangunan di bawahnya telah hancur berantakan. Bane langsung memproklamirkan dirinya sebagai penguasa kota dengan hukum baru bentukannya. Pengumuman tersebut dirilis di semua media yang saat itu sedang meliput pertandingan. Selanjutnya ia mendatangi penjara dan langsung melakukan pidato yang berapi-api. Pidatonya itu disambut sorakan para penghuni penjara yang sudah lama berharap akan kebebasan. Hanya Catwoman saja yang tidak gembira mendengar pidato Bane. Ia bahkan langsung mencari jalan selamat untuk melarikan diri dari orang-orang Bane.

Sementara itu, Batman yang babak belur mendapat pertolongan dari penghuni senasib. Setelah agak baikan, ia mulai melatih fisik untuk bisa meloloskan diri dari lubang gelap. Ia kini menjadi tumpuan harapan para tawanan lainnya. Dengan iringan semangat untuk mencapai pinggiran lubang yang menyerupai sumur dan setelah beberapa kali mencoba, Batman akhirnya berhasil keluar dengan selamat. Seutas tali kemudian ia jatuhkan agar bisa menyelamatkan para tawanan lainnya. Batman pun kemudian kembali melakukan perlawanan terhadap Bane yang telah mengacaukan kota. Agar bisa bertemu dengan Fox yang ikut tertawan, ia pura-pura tertangkap oleh orang-orang Bane. Batman pun pada akhirnya berhasil menyelamatkan Fox dan kembali memperoleh perlengkapan untuk menjadi superhero.

Setelah kehadiran musuh bebuyutan Batman, The Joker yang digambarkan dengan sempurna oleh almarhum Heath Ledger dalam prekuel-nyaThe Dark Knight, sulit rasanya membayangkan musuh yang lebih kompleks dan menyeramkan darinya. Namun, interpretasi karakter Bane oleh Nolan yang digambarkan dengan sangat baik oleh Tom Hardy sedikit banyak mengubah pandangan tersebut. Penampilan, suara, sifat, dan misteri di balik tokoh antagonis bertopeng tersebut mampu menambahkan bumbu ketegangan yang cukup signifikan. Bahkan ekspresi mata Tom Hardy berhasil menunjukkan kengerian karakter tersebut. Bane pun menjadi musuh Batman yang sepadan.

Selain Bane, Nolan sukses membawa Selina Kyle/Catwoman ke layar lebar dengan tetap setia terhadap penggambaran karakter tersebut dalam komik. Selina selalu berdiri di garis antara kebaikan dan kejahatan yang membuat setiap langkahnya menjadi sebuah misteri tersendiri. Sama halnya dengan hubungan Selina dengan Bruce dan Catwoman dengan Batman yang kerap berubah dan sulit ditebak. Dari action yang menegangkan, plot twist yang mencengangkan, dan campur aduk emosi yang dimunculkan berhasil menjadikan The Dark Knight Rises sebagai penutup franchise yang sempurna.


The Dark Knight Rises (2012)
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Christian Bale, Michael Caine, Gary Oldman, Tom Hardy, Morgan Freeman, Marion Cotillard, Anne Hathaway, Joseph Gordon-Levitt
Studio: Warner Bros. Pictures, DC Entertainment
Budjet: $250 juta
Pendapatan: $1,081,041,287

MUVIpedia juga memberikan koleksi poster dari Trilogi Batman ini.
Batman Begins: Koleksi Poster
The Dark Knight: Koleksi Poster
The Dark Knight Rises: Koleksi Poster

2 comments:

Fashalli Giovi said...

TFYI, jadi pengen nonton lagi :v

Mats said...

the best batman ever

Post a Comment

© 2011 MUVIpedia, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena